Rabu, 14 Jun 2017 21:38

Pendaftaran S2

Written by

Pendaftaran S2

SYARAT DAN PROSEDUR PENDAFTARAN
PROGRAM MAGISTER (S-2)

Untuk dapat diterima dalam Program Magister Fakultas Ekonomi Unand pelamar harus:

  1. Memiliki ijazah Sarjana (S1) dalam bidang ilmu terkait dari universitas/perguruan tinggi yang terakreditasi.
  2. Berada pada kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.
  3. Mengisi Formulir pendaftaran dan melengkapi berkas sebagai berikut:
  • Fotokopi ijazah sarjana dan transkrip akademik yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus dari pimpinan.
  • Tiga buah pas foto warna ukuran 4×6 cm.
  • Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
  • Rekomendasi dari 2 orang yang dapat memberikan penilaian kelayakan akademis.
  • Surat izin atasan bila pelamar sudah bekerja

Contact Person : Feri Yuhanda, SST 081374112243

 

Rabu, 14 Jun 2017 21:36

Kurikulum Magister Sains Akuntansi

Written by

PROGRAM MAGISTER (S2) AKUNTANSI

Status Terakreditasi (B)

Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

No.093/SK/BAN-PT/Ak-X/M/II/2013

A. LATAR BELAKANG

Akuntansi merupakan salah satu pilar kehidupan dunia bisnis. Sebagian besar keputusan yang diambil dalam dunia bisnis baik keputusan operasional maupun stratejik didasarkan kepada informasi akuntansi yang merupakan output dari proses akuntansi.

Semakin tingginya tingkat persaingan di dunia bisnis diperlukan sarana pendidikan akuntansi yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan dapat membantu manajemen dalam membuat keputusan stratejik demikian juga di lingkungan pemerintahan.
Program Studi Magister Akuntansi merupakan program studi yang mendidik mahasiswa untuk mengembangkan ilmu akuntansi demi terbentuknya Corporate Governance dan Good Governance serta Government Governance.

Program Studi Magister Akuntansi mulai Agustus 2011 dikelola Fakultas Ekonomi di bawah Program Magister dan Doktor Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

VISI

Menjadi Institusi pendidikan akuntansi di Indonesia yang berkualitas dengan lulusan yang mempunyai integrity dan moral yang tinggi dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja di dalam dan luar negeri.

MISI

  1. Menyediakan pendidikan akuntansi yang berkualitas tinggi.
  2. Mempromosikan penelitian akademis dan aplikasi dalam bidang akuntansi.
  3. Menyediakan pelayanan masyarakat melalui praktek akuntansi dan penelitian akuntansi.

B. SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Program Magister Akuntansi memiliki konsentrasi:

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Akuntansi Pemerintahan & Sektor Publik

Masing-masing konsentrasi dengan beban studi 42-50 SKS. Pendidikan diselenggarakan dengan menggunakan sistem kredit semester. Perkuliahan dilaksanakan di Program Magister dan Doktor Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang, dengan alamat Gedung III Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang.

C. BEASISWA

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyediakan sejumlah Beasiswa BPPS dan Beasiswa Unggulan bagi mereka yang bekerja di Lingkungan Perguruan Tinggi. Tata cara pengajuan BPPS dapat ditanyakan langsung ke Bagian Administrasi Akademik Universitas Andalas Padang.

Beasiswa yang tersedia selain BPPS :

  • Beasiswa STAR – BPKP
  • Biro PKLN Depdiknas
  • Beasiswa Bakrie
  • Beasiswa PEMDA

Bagi mahasiswa penerima beasiswa dibebankan dana swakelola, jumlahnya tergantung pada jumlah kekurangan biaya kuliah per semester dari beasiswa yang diterima.

D. KETUA PROGRAM STUDI

Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak

E. SEKRETARIS PROGRAM STUDI

Nini Sofriyeni, SE, M.Si, Ak

 

Kurikulum

  • Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Akuntansi Keuangan dan Konsentrasi Akuntansi Manajemen
  • Mata Kuliah Konsentrasi Akuntansi Manajemen

 

 

  • Mata Kuliah Konsentrasi Akuntansi Keuangan
  • Mata Kuliah Konsentrasi Akuntansi Pemerintahan & Sektor Publik
  • Mata Kuliah Pilihan
Catatan : Konsentrasi dibuka jika jumlah mahasiswa yang berminat minimal 8 (delapan) orang.
Rabu, 14 Jun 2017 21:20

Pendaftaran PPAK

Written by

Pendaftaran PPAk

Tata Cara Pendaftaran Program PPAk


Calon mahasiswa PPAk FE Unand adalah minimal seorang Sarjana Ekonomi (S-1) dan Sarjana Sains Terapan (D-IV) Prodi Akuntansi yang telah terakreditasi.
Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa sewaktu melakukan pendaftaran:

 

  • Mengisi formulir pendaftaran
             [DOWNLOAD] [LIHAT]
  • Menyerahkan 2 lembar foto copy ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) S-1/D-IV yang telah dilegalisir oleh Dekan atau Dirjen Dikti (bagi lulusan luar negeri)
  • Menyerahkan 2 lembar foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh Dekan atau Pembantu Dekan Bidang Akademik.
  • Menyerahkan pas foto (berwarna) ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing sebanyak 2 lembar.
  • Membayar uang pendaftaran.

Semua persyaratan diantar ke:

Sekretariat PPAk FE Unand, Jl. Perintis Kemerdekaan 77 (lantai 2), Padang.

Setelah melakukan pendaftaran setiap calon mahasiswa akan memperoleh KARTU PESERTA UJIAN.

Jadual Tes Validasi Kompetensi (TVK) akan diberitahukan kepada calon mahasiswa melalui telpon, sms atau situs PPAk.TVK mencakup:

  1. Akuntansi Keuangan (40 soal pilihan berganda)
  2. Akuntansi Manajemen/Biaya (30 soal pilihan berganda)
  3. Perpajakan (30 soal pilihan berganda)

Kriteria kelulusan TVK adalah sebagai berikut:

Screen Shot 2015-11-13 at 3.38.42 PM

Rabu, 14 Jun 2017 21:19

Manual Mutu PPAK

Written by
Rabu, 14 Jun 2017 21:14

Kurikulum Pendidikan Profesi Akuntansi

Written by

Kurikulum Pendidikan Profesi Akuntansi

 

Visi:

Menjadi institusi pendidikan profesi akuntansi yang unggul dan terkemuka dengan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dan berdaya saing global.

Misi:

  1. Melaksanakan pendidikan profesi akuntansi yang berkualitas.
  2. Melakukan riset akuntansi dalam rangka pengembangan ilmu dan praktik akuntansi.
  3. Menggalang kerjasama dengan lembaga/ institusi yang terkait dengan keprofesian akuntansi.

Tujuan:

Menghasilkan Lulusan Yang Memiliki Kompetensi:

1.Mampu menyusun, menyajikan dan mengevaluasi laporan keuangan grup entitas dan laporan perusahaan sesuai dengan standar global yang berlaku.

2.Mampu mengevaluasi sistem informasi dan pengendalian internal berbasis teknologi informasi yang relevan dan andal.

3.Mampu mengevaluasi praktik–praktik akuntansi manajemen guna meningkatkan nilai organisasi.

4.Mampu untuk menetapkan kebijakan dan pengelolaan perpajakan yang taat pada aturan perpajakan dan optimal bagi perusahaan dalam lingkup global.

5.Mampu mengevaluasi keputusan strategis keuangan perusahaan.

6.Mampu mengembangkan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi untuk mengevaluasi strategi dan keputusan bisnis.

7.Mampu mengevaluasi tata kelola korporat, peran dan tanggungjawab sosial dan lingkungan korporat.

8.Menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai etika individu dan profesional.

9.Mampu berfikir dan bertindak sebagai pemimpin.

10.Memiliki sikap untuk terus melakukan pembelajaran agar dapat mempertahankan kompetensi profesionalnya.

11.Mampu menyampaikan ide dan hasil pemikiran secara lisan dan tulisan.

12.Mampu berinteraksi dan berhubungan dengan orang atau fungsi lain dalam organisasi dan antar organisasi.

Manajemen

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FE Unand) merupakan program studi yang berada dalam pengelolaan Jurusan Akuntansi FE Unand. Manajemen FE Unand, Jurusan Akuntansi dan PPAk adalah:

Dekan                                     : Prof. Dr. Tafdil Husni, SE., MBA

Wakil Dekan I                         : Dr. Harif Amali Rivai, SE., MSi

Wakil Dekan II                        : Drs. Ilmainir, M.Si., Ak

Wakil Dekan III                       : Prof. Dr. Nasri Bachtiar, SE., MS

Ketua Jurusan Akuntansi       : Dr. Efa Yonnedi, SE., MPPM., Ak

Sekretaris                               : Firdaus, SE., M.Si., Ak

Kepala PPAk                          : Dra. Sri Dewi Edmawati, MS., CA., Ak

Kontak Kami

Bagi yang membutuhkan informasi lainnya dapat menghubungi kami di alamat di bawah ini:

Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

Jl. Perintis Kemerdekaan No. 77 (Lantai II) Padang

Telp: 0751 841443; Fax: 0751 23374
CP. Erwin (0751 7993114)
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Kurikulum

Kurikulum dan silabus PPAk sebagian besar berisikan materi yang tidak atau belum diberikan pada jenjang strata satu atau berupa aplikasi suatu konsep atau teori. Penyusunan kurikulum dan silabus PPAk juga memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pengguna jasa akuntan. Kurikulum dan silabus PPAk diharapkan tidak statis, namun dapat terus berkembang sesuai dengan perubahan lingkungan. Sesuai dengan keputusan Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional Ikatan Akuntan Indonesia Nomor: Kep-04-B/SK/DSAP/IAI/III/2014 Tentang Pemutakhiran Silabus dan Kurikulum Pendidikan Profesi Akuntansi Tahun 2014, beban perkuliahan di PPAk adalah sebanyak 25 sks dengan 8 mata kuliah. Rincian beban kuliah per semester sebagai berikut:

Screen Shot 2015-11-13 at 3.24.03 PM

Program Matrikulasi

Program ini merupakan program penyegaran yang wajib diikuti oleh setiap calon mahasiswa baru Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Fakultas Ekonomi Universitas Andalas apabila berdasarkan penilaian hasil Tes Validasi Kompetensi (TVK) calon mahasiswa tidak mampu mencapai skor 6 untuk pengetahuan tertentu yang diujikan. Matrikulasi diberikan untuk tiga mata kuliah yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen/Biaya dan Perpajakan. Matrikulasi mungkin diwajibkan kepada calon mahasiswa untuk 1, 2 atau ke 3 mata kuliah. Calon mahasiswa terbebas sama sekali dari kewajiban mengikuti matrikulasi apabila hasil TVK memperoleh skor 6 atau lebih untuk seluruh pengetahuan yang diujikan. Untuk mengikuti program matrikulasi, setiap mahasiswa dibebani biaya Rp. 350,000 per mata kuliah.

Senin, 12 Jun 2017 22:42

Pendaftaran

Written by

Pendaftaran

SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia termasuk Universitas Andalas . Setiap sekolah (SMA/SMK/MA) dapat mendaftarkan siswa yang memiliki identitas Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi data prestasi siswa di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapor dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Sesuai dengan UU No. 12 Tahun 2012 dan Permendiknas No. 34 Tahun 2010, pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapor, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Secara rinci, informasi tentang tata cara Pengisian PDSS dimuat dalam Panduan Pengisian PDSS yang dapat diakses di laman resmi http://pdss.snmptn.ac.id, sedangkan tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN dimuat dalam panduan peserta yang dapat diakses di laman resmi http://www.snmptn.ac.id

 

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri salah satunya Universitas Andalas menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional .Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang sosial dan humaniora.

Website Resmi  SBMPTN : https://sbmptn.or.id/

 Mandiri (SMM PTN-BARAT)

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan TInggi (SMM PTN-BARAT) merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya mengadopsi pola yang dilakukan pada jalur SBMPTN yaitu berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Website Resmi SMM PTN-BARAT: http://smmptnbarat.id/informasi-umum.html

KELAS INTERNASIONAL

Seleksi Penerimaan Mahasiswa  Kelas Internasional  adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa  mandiri  Akuntansi Universitas Andalas dilaksanakan setahun sekali .

Secara rinci, informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan Seleksi Kelas Internasional dapat diakses di sekretariat Jurusan Akuntansi:

•Universitas Andalas
Gd. Fakultas Ekonomi
Limau Manis 25163
Phone: (0751) 71089 pes.378
Fax: (0751) 71088

Senin, 12 Jun 2017 22:37

Standar Operasional Prosedur

Written by

Manual Mutu

Berikut beberapa Sistem dan Prosedur yang dimiliki oleh Jurusan Akuntansi Universitas Andalas :

 

Senin, 12 Jun 2017 22:04

Kurikulum

Written by

Program Sarjana Akuntansi

Terakreditasi “A” sejak Tahun 2003

 

JAFEUA mempunyai program S1 Akuntansi Regular (berbahasa Indonesia), Kelas Internasional (berbahasa Inggris), dan Kelas Intake DIII (kelas regular dan kelas kerjasama dengan BPKP).

 

Hasil Pembelajaran pada Program Studi Sarjana Akuntansi FEUA kami rumuskan dalam bentuk kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Kompetensi lulusan kami diuraikan sebagai berikut:

 

Kompotensi Utama (KU)

 

Mampu menyusun laporan keuangan dan terampil menggunakan standar akuntansi (KU1)

Mampu menganalisis informasi akuntansi dan keuangan untuk pengambilan keputusan (KU2)

Mampu memahami aturan komersial atas suatu transaksi (dampak pajak yang ditimbulkan, ketentuan hukum bisnis yang harus diikuti dan aturan pasar modal (OJK) yang harus dipatuhi) (KU3)

Mampu mengaudit laporan keuangan sesuai dengan standar auditing (KU4)

Mampu menghitung biaya semua objek biaya secara akurat (KU5)

Mampu menyajikan berbagai informasi akuntansi untuk perencanaan, pengendalian, pengambilan keputusan manajemen dan perbaikan berkelanjutan (KU6)

Mampu menghitung modal kerja, pendanaan, dan menilai alternatif investasi (KU7)

 Mampu menyusun anggaran perusahaan dan pemerintahan (KU8)

 Mampu menilai sistem pengendalian interen (KU9)

 Mampu menganalisis dan mendesain sistem informasi akuntansi dan manajemen (KU10)

Mampu mengadministrasikan aspek perpajakan (KU11)

Mampu menerapkan metode kuantitatif untuk pengambilan keputusan (KU12)

Kompetensi Pendukung (KP)

 

Memiliki sifat jujur, berintegritas tinggi dan respek terhadap orang lain (KP1)

 Mampu mengaudit sistem informasi akuntansi (KP2)

Mampu melaksanakan akuntansi pajak dan membuat perencanaan pajak (KP3)

Mampu mengidentifikasi dan menilai masalah etika dalam proses   pengambilan keputusan (KP4)

Mampu memformulasikan visi, misi dan sasaran strategi organisasi dan mampu mengartikulasikannya dengan meyakinkan (KP5)

Mampu menggunakan software seperti spreadsheet, wordprocessing, powerpoint dan internet (mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi) (KP6)

Memiliki visi kebangsaan, kepedulian sosial dan jiwa kepemimpinan (KP7)

 Memiliki kemampuan bekerja efektif dalam tekanan (KP8)

Mampu bekerja dalam tim secara efektif, mempersuasi dan mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara kolektif dalam sebuah tim (KP9)

Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (lisan atau tulisan) dengan baik (KP10)

Kompetensi Lainnya (KL)

 

Memiliki sikap mau belajar secara berkelanjutan (memiliki sifat keingintahuan intelektual) (KL1)

Memiliki sikap adaptif dan terbuka menerima pandangan baru dan perubahan (KL2)

 Memiliki jiwa entrepreneur bercirikan kemandirian dan inovasi (KL3)

Struktur Kurikulum

 

Pola Pengambilan Per Semester Program Sarjana Akuntansi

 

Kamis, 08 Jun 2017 00:40

Nilai-Nilai Strategis(Budaya) Jurusan

Written by
INTEGRITAS : Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh prinsip-prinsip kejujuran dan etika.
INDEPENDEN : Menghindari conflict of interest dalam melaksanakan tugas dan selalu mengedepankan objektifitas dalam melaksanakan pekerjaan profesional.
PROFESIONAL : Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik, penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.
COMPLIANCE : Setiap insan jurusan bersikap menunjukkan budaya kepatuhan terhadap aturan internal dan eksternal.
SINERGITAS : Membangun hubungan kerja sama internal maupun kemitraan dengan pihak luar yang produktif dan harmonis.
PEDULI : Berinisiatif dan berpartisipasi aktif bagi kehidupan dan kemajuan masyarakat dan bangsa.
RESPEK : Menghargai setiap orang dan cara pandangnya serta bersikap rendah hati.

 

Kamis, 08 Jun 2017 00:39

Akreditasi

Written by

Pengakuan terhadap kualitas proses dan luaran pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi ditunjukkan oleh pengakuan dalam bentuk akreditasi atau sertifikasi. Program Studi S1 Akuntansi JAFEUA telah mendapatkan Akreditasi A sejak tahun 2003 dengan SK No. 05815/Ak-VII-S1-024/UADAKT/VIII/2003. JAFEUA kemudian berhasil mempertahankannya dalam proses reakreditasi pada tahun 2010 yang ditetapkan melalui SK No. 042/BAN-PT/Ak-XIII/S1/I/2011 sejak awal tahun 2011.

Setelah itu, JAFEUA kembali mendapatkan hasil A pada tahun 2015 yang berlaku sampai tahun 2020. Berdasarkan hasil Asesmen Kecukupan (AK, Desk Evealuation) Program Studi Tahap 17, Rapat Pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT) tanggal 28 November 2015, memutuskan bahwa Program Studi S1 JAFEUA kembali mendapatkan Akreditasi Program Studi dengan Peringkat A berlaku sejak tanggal 28 November 2015 sampai 28 November 2020 dengan nilai 377. Proses reakreditasi ini dilalui tanpa melalui proses Asesmen Lapangan (AL, visit).  Terakhir, pada tahun 2020 status akreditasi A kembali didapatkan oleh Prodi S1 Akuntansi yang berlaku sampai tahun 2025 (SK No. 7841/SK/BAN/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XII/2020).

Selain akreditasi, Program Studi S1 Akuntansi juga telah mendapatkan Pengakuan Internasional melalui perolehan sertifikat Jaminan Mutu dari Asean University Network- Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2018 dan berlaku sampai tahun 2023. Saat ini, Prodi S1 Akuntansi, bersama dengan Prodi S2 Akuntansi dan 4 Prodi lainnya di FEUA sedang dalam tahap menunggu pelaksanaan visitasi akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berbasis di Jerman. JAFEUA selalu berkomitmen untuk meningkatkan proses secara internal untuk mendapatkan pengakuan lebih luas dalam bentuk peroleh akreditas atau sertifikasi internasional lainnya dengan kesadaran bahwa perolehan akreditasi dan sertifikasi tidak hanya sebagai sebuah capaian, akan tetapi sebagai wahana untuk terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan.

Sertifikat akreditasi dapat dilihat pada gambar di bawah ini: 

 

Kontak Departemen Akuntansi

Sekretariat Departemen Akuntansi : 

Asral Amri, A.Md & Hones Diparmi, S.Kom 

Gd. Fakultas Ekonomi
Limau Manis 25163
Universitas Andalas

Phone : (0751) 71088 / HP : 082257544490
E-Mail : akuntansi@eb.unand.ac.id

 

Lokasi Departemen Akuntansi Universitas Andalas