MBKM

Merdeka Belajar, Kampus Merdeka

 

Kompetensi mahasiswa harus semakin diperkuat sesuai dengan perkembangan yang ada. Hal ini juga dilakukan dalam rangka menyiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0. Diperlukan adanya link and match antara lulusan pendidikan tinggi bukan hanya dengan dunia usaha dan dunia industri saja tetapi juga dengan masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan.

Berdasarkan hal tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah memberlakukan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)” yang saat ini mulai diterapkan oleh perguruan tinggi. Kebijakan Mendikbud tersebut berkaitan dengan pemberian kebebasan bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran selama maksimum tiga semester belajar di luar program studi dan kampusnya. Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran. Pada tingkat Universitas Andalas, tidak kurang dari 9 Peraturan Rektor diterbitkan dalam merespon program MBKM tersebut. Selain itu, Universitas telah membentuk UPT-MBKM sebagai ujung tombak pelaksanaan MBKM di Universitas Andalas. 

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (JAFEUA) memiliki komitmen untuk mendukung program kebijakan MBKM tersebut. Hal tersebut terbukti dengan terdapat empat mahasiswa JAFEUA yang telah terpilih untuk mebgikuti magang bersertifikat di PT. Semen Padang Indonesia, satu mahasiswa yang memenangkan kompetisi Kampus mengajar, lima orang  mahasiswa yang baru saja memenenagkan seleksi magang di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional, serta dua orang mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti Pertukaran/Mobilitas Mahasiswa Internasional (Indonesia International Students Mobility Award/IISMA) ke Hungaria dan Korea Selatan. Pada kinerja tingkat jurusan/prodi, Jurusan Akuntansi telah selesai melaksanakan kegiatan dari Hibah Skim Kredensial Mikro Mahasiwa Indonesia (KMMI) pada kursus Perpajakan  dengan tema Tax on Demand for Millennials. Kegiatan ini diikuti oleh 400 mahasiswa dari 92 Universitas di Indonesia dan melibatkan 8 orang dosen praktisi perpajakan dari DUDIKA. 

Dalam hal kerja sama dengan Perguruan Tinggi lain, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (JAFEUA) telah menjajaki kerja sama dengan empat Jurusan Akuntansi universitas lain yang ingin melaksanakan MBKM yakni, Universitas Riau (Riau), Universitas Jember (Jawa Timur), Universitas Bung Hatta (Sumatera Barat), dan Universitas Eka Sakti (Sumatera Barat). Berkaitan dengan kerja sama tersebut, JAFEUA telah menerima menyepakati dan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Universitas Riua dan Universitas Bung Hatta.  

Selanjutnya, bentuk komiteman lain PSAUA terhadap program MBKM ialah mahasiswa PSAUA secara sukarela banyak yang telah melaksanakan magang mandiri (selama 1-2 bulan), di berbagai isntansi, seperti Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (Bank Nagari), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumbar dan Jambi, dan lain-lain. 

 

Kontak Departemen Akuntansi

Sekretariat Departemen Akuntansi : 

Asral Amri, A.Md & Hones Diparmi, S.Kom 

Gd. Fakultas Ekonomi
Limau Manis 25163
Universitas Andalas

Phone : (0751) 71088 / HP : 082257544490
E-Mail : akuntansi@eb.unand.ac.id

 

Lokasi Departemen Akuntansi Universitas Andalas