HIMA

HIMPUNAN MAHASISWA (HIMA) JURUSAN AKUNTANSI

 

HIMA Akuntansi adalah organisasi yang bertujuan dan berorientasi terhadap kegiatan mahasiswa di bidang akademis.HIMA Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas berlandaskan Tri Dharma perguruan Tinggi. HIMA merupakan wadah mahasiswa di tingkat perguruan tinggi dan merupakan kelengkapan non struktural pada perguruan tinggi. HIMA bersifat independen, kekeluargaan, kemahasiswaan dan keprofesian akuntansi.

Organisasi HIMA bertujuan untuk terwujudnya mahasiswa yang bertaqwa pada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berwawasan luas, professional, cendekiawan, bersifat kritis dan dinamis serta memiliki integritas dan kepedulian sosial. Sementara, Fungsi HIMA Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas adalah sebagai berikut: 

a. Wadah pengembangan kepribadian mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

b. Wadah pengembangan keprofesian dan professionalism

c. Wadah pengembangan aktivitas akademis kemahasiswaan

d. Wadah penyalur aspirasi pemberdayaan dan pemersatu mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

 

Awalnya fungsi HIMA adalah untuk mempelajari tentang mata kuliah di bidang akuntansi agar mahasiswa lebih mengerti perkuliahan di bidang ini. Namun, seiring berjalannya waktu fungsi HIMA menjadi lebih luas, tidak hanya sekedar di bidang akademik namun juga di bidang  non-akademik. HIMA menyediakan wadah untuk mahasiswa mengasah dan mengembangkan skill mereka baik di bidang akademik maupun non-akademik. Untuk bidang non-akademik salah satu contohnya adalah event Accounting Week. Di event ini mahasiswa dapat menyalurkan bakat dan skill mereka di bidang musik melalui salah satu cabang acara Accounting Week yaitu Accoustik. Selain itu, HIMA juga menyediakan wadah pelatihan untuk olimpiade dan perlombaan di bidang akuntansi melalui Hicomtion. 

Dibalik kesuksesan HIMA Akuntansi, tentunya ada pemimpin-pemimpin hebat di dalamnya. Berikut ketua HIMA Akuntansi selama 5 tahun terakhir. HIMA Akuntansi periode 2017/2018 diketuai oleh Berli Mulia Tama. Pada periode ini untuk pertama kalinya HIMA menerapkan sistem poin untuk setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pengurus HIMA. Selanjutnya, pada periode 2018/2019, HIMA dipimpin oleh Wahyu Rilvi Satria. Pada periode ini HIMA menerapkan sistem kekeluargaan dan profesionalitas. Di tahun ini, HIMA berhasil menyelenggarakan peringatan 40 tahun Jurusan Akuntansi yang panitianya dari pengurus HIMA dan dibimbing langsung oleh dosen. Di periode berikutnya, yaitu 2019/2020, HIMA diketuai oleh Ahmad Nadhirin. Pada periode ini, HIMA berhasil menjalankan proker unggulannya secara online yaitu TO SBMPTN, Workshop, Accounting competition siswa, serta temu ramah. 

Selanjutnya pada periode 2020/2021, HIMA dipimpin oleh Fauzan Amirul Haq. Periode ini HIMA juga berhasil melaksanakan proker-proker secara online. Diantaranya 2 acara besar yaitu Accounting Week (AW) dan Accunting for Students (AFS). Untuk kepengurusan periode 2021/2022, HIMA diketuai oleh Zikri Adzani.

 

Kontak Departemen Akuntansi

Sekretariat Departemen Akuntansi : 

Asral Amri, A.Md & Hones Diparmi, S.Kom 

Gd. Fakultas Ekonomi
Limau Manis 25163
Universitas Andalas

Phone : (0751) 71088 / HP : 082257544490
E-Mail : akuntansi@eb.unand.ac.id

 

Lokasi Departemen Akuntansi Universitas Andalas